Thursday 17 May 2012

Awal Perkembangan Islam di Indonesia

A.Masuknya Pengaruh Islam ke Indonesia.
        Ada beberapa teori tentang masuknya agama Islam di Indonesia. Pendapat tersebut dikemukakan oleh para ahli dari dalam dan luar negeri. Pendapat tersebut adalah sebagai berikut:
1.Snouck Hurgronje, Kraemer, H.J. Vanden Berg dan Mugnette  Mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13 M melalui Gujarat, India. Tidak langsung dari tanah Arab dan bukan oleh orang-orang Arab. Teori itu didasarkan pada kenyataan bahwa batu nisan yang ditemukan diberbagai tempat di Nusantara, termasuk makam Maulana Malik Ibrahim di Gresik, batu nisan Sultan al-Malik al-Shaleh raja pertama kerajaan Samudera Pasai yang meninggal pada tahun 1297 M mempunyai bentuk yang sama dengan batu nisan di Kambay, Gujarat, India. Hal tersebut senada dengan pendapat Soetjipto Wirjosoeparto yang juga alasannya berdasarkan data arkeologis, yaitu ditemukannya batu nisan raja Islam di Samudera Pasai.
2.Husein Jayadiningrat mengatakan Islam masuk ke Indonesia melalui Iran (Persia). Hal itu dibuktikan dengan ejaan dalam tulisan Arab. Baris di atas, di bawah, dan baris di depan di sebut jabar (zabar) dan pes (pjes). Istilah ini berasal dari bahasa Iran, sedangkan menurut bahasa Arab, ejaannya adalah fathah, kasroh, dan domah. Begitu juga, huruf sin tidak bergigi, sedangkan huruf sin dari bahasa Arab bergigi. Selain itu, gelar syah yang biasa dipakai di Persia juga pernah dipergunakan oleh Raja Malaka dan Aceh.
3.Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka), D. Mansyur dan beberapa ahli lainnya mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia adalah langsung dari Arab (orang Muslim etnis Arab Mekkah). Dalam seminar “Sejarah masuknya Islam ke Indonesia” di Medan tahun 1963 di simpulkan bahwa Islam sudah datang ke Indonesia pada  abad pertama Hijriyah (abad ke-7 – 8 M) langsung dari Arab dengan bukti jalur pelayaran yang ramai yang bersifat Internasional sudah dimulai jauh sebelum abad ke-13 (yaitu sudah ada sejak abad ke-7 M) melalui Selat Malaka yang menghubungkan Dinasti Tang di Cina (Asia Timur), Sriwijaya di Asia Tenggara dan Bani Umayyah di Asia Barat. Senada dengan itu, Alwi Sihab juga mengatakan Islam pertama kali masuk ke Nusantara pada abad pertama Hijriyah (abad ke-7 M) langsung dari Arab, dasarnya adalah berita Cina pada masa Dinasti Tang yang menyatakan adanya perkampungan Arab di Cina. Cina yang dimaksud adalah adalah gugusan pulau di Timur Jauh, termasuk kepulauan Indonesia.   
4.Sarjana Muslim kontemporer seperti Taufik Abdullah mengkompromikan kedua pendapat tersebut. Menurut pendapatnya memang benar Islam sudah datang ke Indonesia sejak abad pertama Hijriyah atau abad ke-7 atau 8 M., tetapi baru dianut oleh para pedagang Timur Tengah di pelabuhan-pelabuhan. Barulah Islam masuk secara besar-besaran dan mempunyai kekuatan politik pada abad ke-13 dengan berdirinya Kerajaan Samudera Pasai.
Bukti Awal Masuknya Islam ke Indonesia
1.Catatan Dinasti Tang. Sumber sejarah dari Cina itu memberitakan bahwa pada abad ke-7 telah ada pemukiman pedagang Arab di Barus, kota kecil di Pantai Barat Sumatera Utara. Namun, belum dapat diketahui apakah penduduk asli di wilayah itu telah memeluk agama Islam.
2.Catatan Marcopolo. Marcopolo adalah orang Eropa yang pertama kali menginjakkan kakinya di Indonesia setelah ia kembali dari Cina menuju Eropa melalui jalan laut. Ia mendapat tugas dari Kaisar Cina untuk mengantarkan puterinya yang dipersembahkan kepada Kaisar Romawi. Dalam perjalanannya itu ia singgah di Pulau Sumatera bagian utara. Daerah itu, ia menemukan adanya kerajaan Islam, yaitu Samudera dengan ibu kota Pasai.
3.Catatan Ma Huan. Catatan musafir Cina ini memberitakan bahwa pada awal abad ke-15 M., sebagian masyarakat kota di pantai utara Jawa telah memeluk agama Islam.
4.Suma Oriental karya Tome Pires. Buku musafir Portugis itu menyebutkan bahwa pada awal abad ke-16, daerah di bagian pesisir timur Sumatera dari Aceh sampai Palembang, sudah banyak masyarakat yang beragama Islam. Namun di daerah pedalaman masyarakat setempat pada umumnya masih menganut paham lama. Proses islamisasi ke daerah pedalaman Aceh dan Sumatera Barat terjadi sejak Aceh melakukan ekspansi politik pada abad ke-16 samapai 17 M.
5.Tulisan pada nisan di Leran Gresik. Memberitakan wafatnya seorang perempuan muslim yang bernama Fatimah binti Maimun. Nisan tersebut dibuat sekitar abad ke-11 M.
6.Makam Muslim di Trilaya dan Trowulan. Pemakaman dekat Mojokerto itu membuktikan bahwa pada masa pemerintahan Hayam Wuruk sudah ada bangsawan Majapahit yang memeluk agama Islam.

0 komentar:

HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html