Thursday 17 October 2013

FUNGSI SEJARAH

A. Fungsi Umum

Fungsi umum sejarah adalah sebagai sumber pengetahuan sejarah (sebagai kisah) merupakan media untuk mengetahui masa lampau, yaitu mengetahui peristiwa – peristiwa penting pada masa lampau dengan perbagai permasalahannya. Peristiwa yang menjadi objek sejarah syarat dengan pengalaman penting manusia yang penting artinya sebagai pelajaran.

Fungsi Dan Kegunaan Sejarah :

a. Sejarah itu membangkitkan imajinasi memperluas wawasan intelektual.

b. Memperdalam simpati.

c. Membantu mengendalikan yang sebenarnya dalam mimpi.

d. Wahana ideal untuk mendidik manusia agar berpikir secara bebas mengajarkan kepada masyarakat cara berfkir mmeningkatkan kreatifitas.

e. Memberikan pelajaran untuk mengenal dirinya sendiri.

B. Fungsi khusus

Fungsi husus yaitu fungsi sejarah secara lebih luas fungsi khusus sejarah terbagi atas fungsi intrinstik ( fungsi hakiki, fungsi yang melekat pada dirinya) dan fungsi ekstrinsik ( Fungsi keluar darinya).

Fungsi intrinsik

Ada beberapa fungsi intrinsik sejarah, akan tetapi fungsi instriksik sejarah yang paling utma adalah sebagai media untuk mengetahui masa lampau dan sebagai ilmu.

Fungsi ekstrinsik

Sama halnya dengan ilmu – ilmu lain sejarah sebagai ilmu memiliki fungsi ekstrinsik. Fungsi sejarah yang penting untuk dipahami adalah fungsi eduktif, fungsi eduktif sejarah mencakup :

a. Pendidikan Nalar ( penalaran )

b. Pendidikn moral

c. Kebijak sanaan

d. Pendidikan politik

e. Perubahan

f. Pendidikan masa depan

g. Sebaga ilmu bantu

a. Pendidikan Nalar ( Penalaran)

Mempelajari sejarah secara historis, untuk menulis sejarah secara ilmiah, akan mendorong meningkatkan daya nalar orang yang bersangkutan. Hal itu disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

1. Sejarah sebagai ilmu menjelaskan latar belakang terjadinya suatu peristiwa. Ternyata penyebab terjadinya suatu peristiwa tidak hanya satu faktor, melainka bebeapa faktor yang saling berkaitan. Contoh terjadinya peristiwa G.30.s/pki 1965, berarti sejarah mendidik orang berfikir pluricausal ( multi dimensional ) bukan berfikir plurikausal dalam bahasa/ budaya sunda berfikif plurikausal idetik dengan “Boga Pikiran Rangkepan”

2. Sejarah sangat memphatikan waktu atau kronologisdiakroni. Berarti sejarah mendidik kita memliki daya nalar untuk memperhatikan waktu dalam menjalani kehidupan.

3. Sejarah harus ditulis berdasarkan fakta akan tetapi tidak semua sumber mmuat fakta, dan tidak setip fakta adalah fakta sejarah. Berarti sejarah mendidik kita untuk memiliki daya nalar yang dilandasi oleh sikap kritis.

b. Pendidikan Moral

Sejarah sarat denganpendidikan moral, karena sejrah mengungkap peristiwa yang pada dasarnya memuat dua sifat, yaitu baik dan buruk, benar dan salah, berhak dan tidak berhak, cinta dan benci dll.

c. Pendidikan Kebijaksanaan.

Peristiwa atau masalah tertentu baik secara tersurat maupun tersirat menunjukkan adanya kebijakan atau kebijaksanaan.

Kebijaksanaan pada masa lampau sangat mungkin dijadikan bahan acuan dalam menghadapi kehidupan dimasa kini, berarti sejarah memiliki fungsi pragmatis.

d. Pendidikan Politik.

Sejarah mengandung pendidikan politik karena peristiwa tertentu menyangkut tindakan politik atau kegiatan bersifat politik.

e. Pendidikan Mengenai perubahan.

Sejarah adalah proses yang menyangkut perubahan, pada dasarnya kehidupan manusia terus berubah walaupun kadr perubahan dari waktu kewaktu tidak sama, perubahn itu terjadi karena disengaja atau tidak disengaja.

f.Pendidikan Mengenai Masa Depan.

Dengan mempelajari sejarah secara baik dilandasi oleh sikap kritis, akan dapt memprediksi bagaimana kira – kira kehidupan dimasa depan ( Sejarah Pedoman Untuk Membangun masa depan )

g.Sejarah Sebagai Ilmu Bantu.

Fungsi edukatif sejarah juga ditunjukkan oleh sejarah sebagai ilmu bantu. Sejarah sebagai pengetahun dan ilmu dapat membanu menjelaskan permasalahan yang dikaji oleh ilmu – ilmu lain misal ( antropologi, sosiologi, ekonomi, politik, Hukum dll.













0 komentar:

HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html