Monday, 25 November 2013

Taman Purbakala Sumpang Bita Kab Pangkep (Pangkaje'ne Kepulauan)

Kabupaten PangkaJe'ne Kepulauan atau dikenal dengan Nama Kabupaten Pangkep, merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, selain Memiliki keindahan Alam yang Eksotis, kabupaten ini juga memiliki Situs Purbakala yang menyimpan Sejarah Masyarakat Prasejarah Indonesia, Tepatnya di Taman Purbakala Pumpang Bita, terdapat Goa yang didalamnya terdapat Lukisan Manusia Purba. Dalam Kompleks Taman Purbakala Supang Bita Terdapat Dua Buah Goa Yang memiliki Peninggalan Manusia purba Yaitu Goa Supang Bita Dan Goa Bulu Sumi
Kompleks Gua Sumpang Bita terletak di Desa Sumpang Bita, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene (Pangkaje'ne Kepulauan). Berada diKilometer 55 sebelah utara Kota Makassar, dengan posisi astronomis 5°20'LS dan 199°38'BT. Untuk mencapai lokasi ini dapat mempergunakan sepeda motor, mobil pribadi atau pete-pete (angkot) jurusan Pangkajene. Pete-pete ini banyak dijumpai di Pintu I UNHAS Jalan Perintis Kemerdekaan Km 10. DariKota Makassar menuju ke arah utara melalui jalan poros Makassar-Pare-pare sampai di Km 55 Kampung Soreang, membelok ke kanan menuju pabrikSemen Tonasa. Dari pabrik semen Tonasa ke arah timur menuju Kompleks TamanPrasejarah Sumpang Bita sejauh 3 Km melalui jalan sedikit mendaki selebar 5 m.

Kompleks Gua Sumpang Bita terdiri atas dua leang masing-masing disebut Leang Sumpang Bita dan Leang Bulu Sumi. Kedua leang ini letaknya berjauhan, dibatasi oleh bukit kapur.
Leang Sumpang Bita, memiliki langit-langit yang tinggi dan melandai ke belakang. Mulut gua menghadap ke timur (N.90° E). Leang ini terletak 150 m dari permukaan tanah atau 280m diatas permukaan laut. Kelembaban dan hasil kelapukan 40% dengan PH 6,6. Ukuran mulut leang adalah tinggi 10m dan lebar 14m, sedangkan dalamnya 50m.
Temuan di Leang Sumpang Bita didominasi oleh lukisan dinding gua (rock art) yang cukup banyak dan tidak ditemukan sampah dapur (kitchenmidden) serta alat litik yang representative maka dapat dikatakan bahwa Leang Sumpang Bita adalah tempat upacara sakral. Pada ruang bagian utara terdapat sebuah lukisan berupa babirusa (Elaphurus davidanus) yang sedang meloncat. Didepan lukisan tersebut terdapat sejumlah lukisan cap tangan. Ada pula lukisan sampan yang di atasnya terdapat lukisan dua ekor babirusa dengan posisi kepala ke bawah.

Gua Sumpang Bitta ditemukan oleh Frist dan Paul Sarassin dari Swiss pada tahun 1902. Gua ini merupakan peninggalan dari penduduk Toala yang berarti orang bertempat tinggal di hutan. Di dalam gua itu terdapat beberapa lukisan seperti telapak tangan orang dewasa dan anak-anak, telapak kaki, rusa, babi, ayam, dan sebuah sampan atau perahu. Semua gambar-gambar ini berwarna merah karena merah melambangkan keberanian. Warna ini terbuat dari hematite atau oker yang di kunyah hingga hancur disemprotkan ke telapak tangan yang telah diletakkan di dinding gua.

Adapun jumlah lukisan menurut obyeknya:
1. Cap tangan negatif

Gambar 1.1 lukisan tangan di dinding gua sumpang bita
- tangan kanan dewasa 15 buah
- tangan kiri dewasa 21 buah
- rusak (tak dikenal kiri atau kanan) 1buah
- tangan kanan anak-anak 12 buah
- tangan kiri anak-anak 4 buah

2. Cap kaki negative:
    - kaki kanan dewasa 1 buah
    - kaki kiri dewasa 1 buah
3. Lukisan babi hutan 12 buah
4. Lukisan Babi Rusa 1 buah

5.. Lukisan sampan 1 buah

Adapun arti dari lukisan-lukisan tersebut yaitu:
  1. Telapak tangan yang utuh melambangkan sebagai penolak malapetaka atau roh jahat. Dan yang tidak utuh melambangkan turut berduka cita salah seorang anggota keluarga wafat.
  2. Gambar rusa, babi melambangkan sebagai suatu pengharapan bila pergi berburu agar memperoleh binatang yang sejenis/lebih besar dari itu.
  3.  Gambar perahu melambangkan sebagai sarana angkutan untuk mencapai tujuan karena daerah mereka pernah dilanda laut.
Untuk Mencapai Goa Sumpang Bita Pengunjung Harus Menaiki Tangga Seribu, 
























HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html