Monday 6 January 2014

MADRASAH NIZHAMIAH VIII (Kesimpulan & Daftar Pustaka)

A.  Kesimpulan
Berdasarkan uraian terdahulu maka penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1.         Kondisi peradaban Islam sebelum berdirinya Madrasah Nizhamiah dalam priode kemunduran peradaban Islam, pada masa ini terjadi gejolak politik yang luar biasa, pertentangan antara Mazhab Syiah dan Sunni, pertentangan yang awalnya masalah politik, akhirnya merembet ke masalah ideologi, bahkan salah satu tujuan dari pembangunan Madrsah Nizhamiah adalah untuk melawan pengaruh Syiah melalui pendidikan.
2.         Madrasah Nizhamiah didirikan pada tahun 1067 M/459 H, oleh seorang Wazir Dinasti Saljuk bernama Nizham Mulk, nama aslinya Abu Ali al-Hasan bin Ali bin Ishaq at-Tusi, ia membangun Madrasah Nizhamiah di seluruh pelosok kekuasaan Dinasti Saljuk, madrasah yang terbesar dan terkenal adalah Madrasah Nizhamiah Baghdad. Madrasah adalah kelanjutan dari lembaga pendidikan yang awalnya di Masjid, karena Masjid tidak mampu lagi menampung proses belajar mengajar yang terus meningkat, perkembangan ilmu pengetahuan, dan mengganggu fungsi utama Masjid sebagai tempat ibadah sehingga dibutuhkan suatu bangunan khusus yang berfungsi sebagai lembaga pendidikan seutuhnya.

3.         Sistem pengajaran di Madrasah Nizhamiah sudah cukup maju, para Mahasiswa duduk di bangku kecil, dan guru mengajardi hadapannya, sudah mengenal asistensi, dekan dan sebagainya, akan tetapi kurikulum madrasah tidak ditemukan dengan jelas, menurut beberapa sumber, Madrasah Nizhamiah mengajarkan Fikih, ilmu al-Quran dan ilmu-ilmu yang mengenai al-Quran, seperti mebaca, menghafal, menulis, sastra Arab, Sejarah Nabi, Fikhi dan Ushul fikhi yang menitik beratkan pada Mazhab Sunni. 
B. DAFTAR PUSTAKA
Asari, Hasan.  Pendidikan Tinggi Dalam Islam. Jakarta: PT Logos Publishing House, 1994.
Asrohah, Hanun. Sejarah Pendidikan Islam.Cet. II; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.
al-Syahrastani, Muhamad bin Abdul Karim. Al Milal Wa Al Nihal. Terj, Asywadie Syukur,Aliran-Aliran Teologi dalam Sejarah Umat Manusia, Surabaya: PT Bina Ilmu, t.th.
al-Jumbulati, Ali. Dirasatun Muqaaranatun fit-Tarbiyyatil Islamiayah, Terj. H.M Arifin, Perbandingan Pendidikan Islam, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1994.
Alavi, Ziauddin. Muslim Education Thought in the Middle Ages, Terj. Abuddin Nata, Canada: Montreal, 2000.
Armai, Ari (ed).  Sejarah pendidikan dan perkembangan lembaga pendidikan Islam Klasik, Cet. I; Bandung: Angkasa,2004.
Ali, K. Sejarah Islam, Tarikh Pramoderen, Jakarta: PT Grafindo Persada, 1996.
Bilgrami, Hamid Hasan. The Concept Islamic University, Terj. Macnum Husein, konsep Universitas Islam, Jogjakarta: Tiara Wacana, 1989.
Departemen Agama Republik Indonesia: Yayasan Penyelenggaraan Penerjemah/penafsir al-Quran, Revisi Terjemah Oleh Lajnah Pentashih Mushaf al-Quran. al-Quran dan Terjemahan  Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema, 2007.
Departemen Pendidikan  Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Cet. IV; Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Dewan Penyusun Redaksi, Ensiklopedia Islam, Jilid V; Jakarta: PT. Ikhtiar Baru, 1993.
Dewan Penyusun Insiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Edisi Ke IV;  Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi, 2003.
Haidar Putra Daulay, Sejarah Pendidikan Dan Pembaharuan Islam Di Indonesia Cet. 2; Jakarta: Kencana, 2009.
Harun al-Rasyid, Hamzah, Asyariyah, Sejarah, Metodologi, dan Kontribusinya Bagi         Produktivitas Kerja. Cet. I; Makassar: Alauddin Press 2012.
Hassan, Ibrahim Hassan, Islamic History and Culture,From 632-1968, Terj. Djah dan Humam,Sejarah dan Kebudayaan Islam,Yogyakarta: Kota kembang 1989.

Humam,Sejarah dan Kebudayaan Islam, (Yogyakarta: Kota kembang 1989), h. 170
K. Hitti, Philip.  Histori Of The Arabas: From the Earliest Times To The Present, Terj. Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi, History Of The Arabs Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2010.
Kurniawan, Asep.  Kebangkitan Madrasah: Telaah Historis Madrasah Nizhamiah Vol.  1 Juni 2007.
Mardan. al-Quran Sebuah Pengantar Memahami al- Quran Secara Utuh. Cet 1; Jakarta: Pustaka Mapan, 2009.
 Mahmudunnasir, Syed. Islam: It’s Concepts and History, terj. Adang Affandi,  Islam Konsepsi dan Sejarahnya. Cet. I; Bandung: CV Rosda, 1988.
Mas’ud, Abdurrahman.  Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik, Yogyakarta : Gama Media, 2002.
Maksum. Madrasah Sejarah Dan Perkembangannya, Jakarta: Logos  wacana Ilmu, 1999.
Nasution, Harun. Teologi Islam Aliran-aliran Sejarah Analisa perbandingan. Cet.V;  Jakarta: UI Press 1986.
Nata, Abuddin. Sejarah Pendidikan Islam pada priode klasik dan pertengahan Cet.II; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.
Nizar, Samsul. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia Cet. III; Jakarta: Kencana, 2009.
Rahmat. Paradigma Pendidikan Pada Masa Kejayaan Peradaban Islam, Makassar: Alauddi University Press, 2011.
Sou’yb, Joesoef.  Sejarah Daulah Abbasiyah, Jilid I Cet.I; Jakarta: Bulan Bintang, 1977.
Stanton, Charles Michael. Higher Learning in Islam: The Classical priod.Terj. H. Afandi dan Hasan Asari, Pendidikan Tinggi Dalam Islam  Jakarta: PT Logos Publishing House, 1994.
Salaby, Ahmad. Sejarah Pendidikan Islam Cet. VI; Jakarta: PT Hadikarya Agung,1990.
Suwito. et. al., Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Cet.I; Jakarta: Prenada Media, 2009.
Ta’rifin, Ahmad. Madrasah Nizhamiah: Simbol Patronase Penguasa Sunni Dalam Lembaga Pendidikan Vol. 8  Juni 2010.
 Watt,W.Montgomery. Islamic Teology And Philosophy, terj. Umar Basalim, Pemikiran Teologi dan Filsfat Islam. Jakarta: PT Midas Surya Grafindo, 1987.
W. Morgan, Kennet. Islam Jalan Lurus, terj. Abu Salmah dan Khaidir Anwar. Jakarta: Pustaka Jaya Panji Mas, 1986.
Yunus, Mahmud. Sejarah  Pendidikan Islam, Jakarta: PT Hidakarya Agung, 1995.
Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2008.
LIHAT JUGA






0 komentar:

HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html HTTPS://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html