A.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian terdahulu maka penulis mengambil
kesimpulan sebagai berikut:
1.
Kondisi peradaban Islam sebelum berdirinya Madrasah Nizhamiah dalam priode
kemunduran peradaban Islam, pada masa ini terjadi gejolak politik yang luar
biasa, pertentangan antara Mazhab Syiah dan Sunni, pertentangan yang awalnya
masalah politik, akhirnya merembet ke masalah ideologi, bahkan salah satu
tujuan dari pembangunan Madrsah Nizhamiah adalah untuk melawan pengaruh Syiah
melalui pendidikan.
2.
Madrasah Nizhamiah didirikan pada tahun 1067 M/459 H, oleh seorang Wazir
Dinasti Saljuk bernama Nizham Mulk, nama aslinya Abu Ali
al-Hasan bin Ali bin Ishaq at-Tusi, ia membangun Madrasah
Nizhamiah di seluruh pelosok kekuasaan Dinasti Saljuk, madrasah yang terbesar
dan terkenal adalah Madrasah Nizhamiah Baghdad. Madrasah adalah kelanjutan dari lembaga pendidikan yang awalnya di Masjid,
karena Masjid tidak mampu lagi menampung proses belajar mengajar yang terus
meningkat, perkembangan ilmu pengetahuan, dan mengganggu fungsi utama Masjid
sebagai tempat ibadah sehingga dibutuhkan suatu bangunan khusus yang berfungsi sebagai
lembaga pendidikan seutuhnya.
3.
Sistem pengajaran di Madrasah Nizhamiah sudah cukup maju, para Mahasiswa
duduk di bangku kecil, dan guru mengajardi hadapannya, sudah mengenal
asistensi, dekan dan sebagainya, akan tetapi kurikulum madrasah tidak ditemukan
dengan jelas, menurut beberapa sumber, Madrasah Nizhamiah mengajarkan Fikih,
ilmu al-Quran dan ilmu-ilmu yang mengenai al-Quran, seperti mebaca, menghafal,
menulis, sastra Arab, Sejarah Nabi, Fikhi dan Ushul fikhi yang menitik beratkan
pada Mazhab Sunni.
B. DAFTAR PUSTAKA
Asari, Hasan. Pendidikan
Tinggi Dalam Islam. Jakarta: PT Logos Publishing House, 1994.
Asrohah, Hanun. Sejarah
Pendidikan Islam.Cet. II; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.
al-Syahrastani, Muhamad bin Abdul Karim. Al Milal Wa Al Nihal. Terj, Asywadie
Syukur,Aliran-Aliran Teologi dalam Sejarah Umat Manusia, Surabaya: PT
Bina Ilmu, t.th.
al-Jumbulati, Ali. Dirasatun Muqaaranatun
fit-Tarbiyyatil Islamiayah, Terj. H.M Arifin, Perbandingan Pendidikan
Islam, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1994.
Alavi, Ziauddin.
Muslim Education Thought in the Middle Ages, Terj. Abuddin Nata, Canada:
Montreal, 2000.
Armai, Ari
(ed). Sejarah pendidikan dan
perkembangan lembaga pendidikan Islam Klasik, Cet. I; Bandung:
Angkasa,2004.
Ali, K. Sejarah Islam, Tarikh Pramoderen, Jakarta:
PT Grafindo Persada, 1996.
Bilgrami, Hamid Hasan. The Concept Islamic University,
Terj. Macnum Husein, konsep Universitas Islam, Jogjakarta: Tiara Wacana,
1989.
Departemen Agama Republik Indonesia: Yayasan Penyelenggaraan Penerjemah/penafsir
al-Quran, Revisi Terjemah Oleh Lajnah
Pentashih Mushaf al-Quran. al-Quran dan Terjemahan Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema, 2007.
Departemen Pendidikan
Nasional, Kamus Besar Bahasa
Indonesia Pusat Bahasa Cet. IV; Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Dewan Penyusun Redaksi, Ensiklopedia Islam, Jilid
V; Jakarta: PT. Ikhtiar Baru, 1993.
Dewan Penyusun
Insiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Edisi Ke IV; Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi, 2003.
Haidar Putra Daulay, Sejarah
Pendidikan Dan Pembaharuan Islam Di Indonesia Cet. 2; Jakarta: Kencana,
2009.
Harun al-Rasyid,
Hamzah, Asyariyah, Sejarah, Metodologi, dan Kontribusinya Bagi Produktivitas Kerja. Cet. I;
Makassar: Alauddin Press 2012.
Hassan, Ibrahim Hassan, Islamic History and Culture,From
632-1968, Terj. Djah dan Humam,Sejarah dan Kebudayaan Islam,Yogyakarta:
Kota kembang 1989.
Humam,Sejarah dan Kebudayaan Islam, (Yogyakarta:
Kota kembang 1989), h. 170
K. Hitti, Philip. Histori
Of The Arabas: From the Earliest Times To The Present, Terj. Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi, History
Of The Arabs Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2010.
Kurniawan, Asep. Kebangkitan Madrasah: Telaah Historis Madrasah
Nizhamiah Vol. 1 Juni 2007.
Mardan. al-Quran Sebuah Pengantar Memahami al- Quran Secara Utuh. Cet 1; Jakarta: Pustaka Mapan,
2009.
Mahmudunnasir, Syed. Islam: It’s Concepts
and History, terj. Adang Affandi, Islam
Konsepsi dan Sejarahnya. Cet. I; Bandung: CV Rosda, 1988.
Mas’ud, Abdurrahman.
Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik,
Yogyakarta : Gama Media, 2002.
Maksum. Madrasah
Sejarah Dan Perkembangannya, Jakarta: Logos
wacana Ilmu, 1999.
Nasution, Harun.
Teologi Islam Aliran-aliran Sejarah Analisa perbandingan. Cet.V; Jakarta: UI Press 1986.
Nata, Abuddin. Sejarah Pendidikan Islam pada priode
klasik dan pertengahan Cet.II; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.
Nizar, Samsul. Sejarah Pendidikan Islam:
Menelusuri Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia Cet. III;
Jakarta: Kencana, 2009.
Rahmat. Paradigma
Pendidikan Pada Masa Kejayaan Peradaban Islam, Makassar: Alauddi University
Press, 2011.
Sou’yb, Joesoef. Sejarah
Daulah Abbasiyah, Jilid I Cet.I; Jakarta: Bulan Bintang, 1977.
Stanton, Charles Michael. Higher Learning in Islam: The
Classical priod.Terj. H. Afandi dan Hasan Asari, Pendidikan
Tinggi Dalam Islam Jakarta: PT Logos
Publishing House, 1994.
Salaby, Ahmad. Sejarah Pendidikan Islam Cet. VI; Jakarta:
PT Hadikarya Agung,1990.
Suwito. et.
al., Sejarah Sosial Pendidikan Islam,
Cet.I; Jakarta:
Prenada Media, 2009.
Ta’rifin, Ahmad. Madrasah Nizhamiah: Simbol Patronase
Penguasa Sunni Dalam Lembaga Pendidikan Vol. 8 Juni 2010.
Watt,W.Montgomery. Islamic Teology And
Philosophy, terj. Umar Basalim, Pemikiran Teologi dan Filsfat Islam.
Jakarta: PT Midas Surya Grafindo, 1987.
W. Morgan,
Kennet. Islam Jalan Lurus, terj. Abu Salmah dan Khaidir Anwar. Jakarta:
Pustaka Jaya Panji Mas, 1986.
Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: PT Hidakarya
Agung, 1995.
Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2008.
LIHAT JUGA
MADRASAH NIZHAMIAH I (Kondisi Dunia Sunni & Syiah)
MADRASAH NIZHAMIAH II (Gagasan Pendirian)
MADRASAH NIZHAMIAH III (Proses Pendirian)
MADRASAH NIZHAMIAH IV (Tokoh Pemeran)
MADRASAH NIZHAMIAH V (Sistem Pengajaran)
MADRASAH NIZHAMIAH VI (Kurikulum)
MADRASAH NIZHAMIAH VII (Dampak Politik dan Ilmu Pengetahuan)
MADRASAH NIZHAMIAH II (Gagasan Pendirian)
MADRASAH NIZHAMIAH III (Proses Pendirian)
MADRASAH NIZHAMIAH IV (Tokoh Pemeran)
MADRASAH NIZHAMIAH V (Sistem Pengajaran)
MADRASAH NIZHAMIAH VI (Kurikulum)
MADRASAH NIZHAMIAH VII (Dampak Politik dan Ilmu Pengetahuan)
0 komentar:
Post a Comment